Diet Mayo VS Diet Seimbang


Sekarang ini makin bermunculannya nama-nama diet...
Mulai dari diet golongan darah, diet Dedi Colbuzier (OCD)..dan sekarang ada yang namanya diet mayo....
 
Apa sich diet mayo itu ?

Diet mayo pada mulanya merupakan program yang di gagas oleh Mayo Clinic’s USA. Di mana metoda yang dilakukan adalah 13 hari tidak makan garam atau makanan yang mengandung rasa lain.jadi selama kita menjalankan program diet selama 13-14 hari jangan pernah sekali pun mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Apabila kita langgar, maka kita harus mengulangnya dari awal.
 
Bagaimana cara kerjanya ?
Cara kerja dari diet mayo adalah pada saat kita menjalankan diet mayo selama 13 hari, maka garam dan air di tubuh kita mengalami proses pengeluaran dari urin dan feses. Ketika hal ini terjadi pada tubuh kita yang tidak mendapatkan asupan garam dan makanan maka tubuh akan meningkatkan volum air  yang di sekresikan melalui ginjal dan dieksresikan melalui urine. Untuk menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh maka perlu ditambahkan makanan dengan kadar kalium tinggi terdapat pada buah-buahan.
Sebenarnya diet mayo terdiri dari 2 prinsip yaitu lose it dan live it. Yang artinya dalam fase lose it yaitu kebiasaan dan gaya hidup yang diutamakan sedangkan fase live it adalah fase dimana seseorang mempelajari lebih jauh pemilihan makanan, jumlah porsi, dan perencanaan menu sehari-hari.
 
Bagaimana menunya ?
Hari Pagi Siang Sore
1 8 1 cangkir kopi tubruk teh + gula 1 sdk 2 butir telur rebus + 1 ikat rebus bayam+tomat Daging bakar sebanyak 150 gram + daun selada yg dicampurkan dgn air jeruk lemon atau air jeru nipis yang dicampur juga dengan 1 sdm minyak zaitun.
2 9 1 Gelas Kopi atau Teh plus gula tapi jangan sampai menggunakan susu. Daging bakar atau daging rebus satu potong dan daun selada yg dicampurkan dgn air jeruk lemon atau air jeru nipis yang dicampur juga dengan 1 sdm minyak zaitun. Tidak lupa juga 1 buah yang segar. Ham 2 iris atau daging ayam yang di rebus, plus yoghurt segelas saja.
 
3 10 1 Gelas Kopi atau Teh plus gula tapi jangan sampai menggunakan susu dan juga roti bakar satu potong saja. Kukusan daun seledri, tomat 1 buah dan buah segar lainnya satu buah saja. Telur yang direbus sebanyak 2 butir, ham 2 iris atau kalau tidak ada ayam rebus, dan daun selada yg dicampurkan dgn air jeruk lemon atau air jeru nipis yang dicampur juga dengan 1 sdm minyak zaitun.
4 11 1 Gelas Kopi atau Teh plus gula tapi jangan sampai menggunakan susu dan juga roti bakar satu potong saja. Rebusan telur 1 buah, jus wortel 1 buah, dan 60 gram keju
 
Buah dengan ukuran kecil sebanyak satu kaleng kecil, daun selada yg dicampurkan dgn air jeruk lemon atau air jeru nipis yang dicampur juga dengan 1 sdm minyak zaitun, dan yoghurt satu gelas.
5 12 Parutan atau jus dari wortel dengan ukuran besar, tambahkan lemon Ikan agak  besar yang dipepes atau dibakar
 
Daging yang dibakar atau direbus juga boleh satu potong saja, daun selada yg dicampurkan dgn air jeruk lemon atau air jeru nipis yang dicampur juga dengan 1 sdm minyak zaitun, dan kukusan daun seledri
6  13 1 Gelas Kopi atau Teh plus gula tapi jangan sampai menggunakan susu dan juga roti bakar satu potong saja. satu dada ayam rebus, dan daun selada yg dicampurkan dgn air jeruk lemon atau air jeru nipis yang dicampur juga dengan 1 sdm minyak zaitun, dan lemon. Telur rebus 2 butir saja, dan jus wortel
 
7 Segelas teh jangan pakai gula Daging rebus atau daging yang dibakar sebanyak satu potong saja, dan buah segar Puasa, namun boleh untuk meminum air walaupun dalam jumlah yang banyak.
 Untuk hari ke 14:
Mulai normal ke menu makanan yang biasa anda konsumsi, namun saran saya mulai saat ini anda kurangi makanan yang mengandung banyak gula dan lemak.

 
Benarkah dapat menurunkan berat badan?
Pada dasarnya diet mayo tujuannya untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih dengan catatan mereka mengikuti aturan - aturannya.

Dan adakah dampak negatifnya ?
Diet mayo tidak dapat dijalankan dalam jangka panjang karena seseorang pasti membutuhkan garam atau elektrolit untuk proses metabolisme.
Bagiamana jika mempunyai penyakit DM/ Asam Urat/ Hipertensi/ Jantung?
Pada prinsipnya diet untuk penyakit di atas berbeda-beda. Untuk DM harus melihat 3J (Jumlah, Jam, Jenis) makanan yang dikonsumsi.
Untuk Asam Urat/Hipertensi/ Jantung harus memperhatikan jenis makanan yang di makan?
 
Lalu apa bedanya dengan diet seimbang ?
Sebetulnya pola makan untuk diet yang paling baik dan bagus itu adalah diet seimbang.
Diet seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktifitas fisik dan berat badan ideal.
 
Pasti semua pendengar sudah tidak asing lahi dengan yang namanay istilah 4S5S....
Dulu kita mengenal istilah 4S5S (4 sehat 5 sempurna) namun pada tahun 1995 mulai diberlakukan istilah Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS). Namun baru pada tahun 2009 secara resmi PUGS diterima oleh masyarakat, sesuai dengan Undang-undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009 yang menyatakan secara ekplisit”Gizi Seimbang” dalam program perbaikan gizi.
 
Ada beberapa prinsip yang merupakan dari isi PUGS yang bersifat Universal:
1    Membiasakan mengkonsumsi beraneka ragam makanan
2.   Memperhatikan  dan mempertahankan Berat Badan Ideal
3.   Mengatur Porsi Makan
4.   Menjaga Keamanan  Makanan
5.   Khusus untuk kelompok masyarakat dengan masalah  gizi tertentu.
6.   PUGS sifatnya spesifik atau khusus.
 
Intinya adalah makanan yang kita makan harus mengandung zat-zat gizi yang diperlukan tubuh:

1. Karbohidrat
Karbohidrat memegang peranan yang sangat penting karena merupakan sumber energi bagi manusia. Jumlah yang disarankan sebanyak 50 - 60 % dari energi.

2. Protein
Fungsi dari protein dalam tubuh sebagai zat pembangun, sehingga protein diperlukan oleh tubuh untuk memelihara sel-sel dan jaringan tubuh.

3. Lemak
Sama halnya dengan karbohidrat, lemak merupakan sumber energi yang paling padat. Lemak menghasilkan 9 kkal/gram. Pada umumnya lemak di simpan di jaringan bawah kulit, sekeliling organ dalam rongga perut sehingga apabila terjadi benturan tidak langusng mengenai organ dalam tubuh.

4. Vitamin dan Mineral
Vitamin adalah zat organik komplek yang dibutuhkan dalam jumlah kecil tetapi tidak dapat dibentuk oleh tubuh. Vitamin merupakan zat pengatur.
Mineral memegang peranan penting dalam pemeliharaan fungsi tubuh, baik pada tingkat sel, jaringan, organ maupun fungsi tubuh secara keseluruhan.
 
Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat dilakukan seterusnya dalam diet. Maka, yang harus dilakukan adalah:

1. Mengurangi karbohidrat.
Karbohidrat merupakan makanan utama bagi masyarakat Indonesia dan menjadi keharusan untuk dikonsumsi setiap hari terutama   nasi putih. Apabila kita tidak mengkonsumsi nasi putih sama sekali, memang berat badan akan menurun akan tetapi tidak baik untuk kesehatan kedepannya karena fungsi ginjal dan hati akan semakin berat dan akan menimbulkan penyakit.

2. Hindari makanan gorengan
Pada dasarnya masnusia membutuhkan lemak. Akan tetapi bukan lemak dari makanan yang di olah dengan cara di goreng.

3. Hindari makanan asin dan manis
Hal ini karena garam  dapat meningkat air  dalam tubuh sehingga membuat badan semakin bertambah.

4. Konsumi yoghurt.
Yoghurt banyak mengandung bakteri yang baik untuk usus sehingga  dapat memperlancar pencernaan.

5. Olah raga rutin dan tidur yang cukup.
 
Maka dari itu kita harus melakukan pola hidup sehat.

Bila anda memiliki pertanyaan ataupun membutuhkan konsultasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami
Ahli Gizi RS. Cahya Kawaluyan
Jl. Raya Parahyangan KM 3
Kota Baru Parahyangan
Padalarang, Bandung Barat

Senin s/d Jumat Pukul 08.00 - 14.00
dan Sabtu Pukul 08.00 - 12.00